Senin, 15 Februari 2010

Harimau Sumatra Berkeliaran di Kebun Warga

Harimau Sumatra Berkeliaran di Kebun Warga

Sumber: Antara, 02 Februari 2010 
Tapaktuan

Sekawanan harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) berkeliaran di kebun milik warga di gunung Cahaya desa Gunung Rotan, Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Camat Labuhan Haji Timur Rachmanuddin di Tapaktuan Selasa mengatakan, telah menerima laporan warga tentang keberadaan seekor harimau di kebun milik Ali Syamsu (43) dan Alidar (41) warga desa Limau Saring.

"Kedua petani pala itu nyaris diterkam harimau saat membersihkan ilalang di kebunnya dan ia kemudian lari menjauh dari hewan pemangsa itu," kata Rahmanuddin. 
Didampingi Kepala Desa Limau Saring M Husaini, ia mengatakan kedua petani pala itu mengaku masih takut untuk pergi ke kebunnya yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari kediaman mereka.

Kabar tentang dikejarnya dua petani oleh satwa pemangsa itu cepat beredar di kalangan masyarakat terutama petani yang mempunyai kebun dikawasan penggunungan sehingga banyak kebun yang dibiarkan terlantar.

Selain berkeliaran di kebun warga, satwa dilindungi itu juga telah memangsa seekor kambing milik Nurdin didalam kandang yang berada di belakang rumahnya di desa tersebut.

Selain di wilayah kecamatan Labuhan Haji Timur, seekor harimau juga meresahkan warga desa Buket Meueh, Jambo Papeun dan Ladang Baro Kecamatan Meukek. Beberapa warga desa Buket Meuh mengatakan harimau yang diperkirakan berusia dewasa itu sering terlihat pada sore hari menjelang azan mahgrib. "Harimau sering terlihat disemak-semak dan ada yang melihatnya melintas di jalan desa," kata Anwar, seorang warga desa Buket Meueh.(*)

http://www.pili.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=806&Itemid=193

Tidak ada komentar:

Posting Komentar